Default Image

Ridwan Kamil Ungkap Ambisi Jokowi di Balik Pembangunan IKN

Oleh
Diterbitkan pada 3 Maret 2024 15.03 WIB
Ridwan Kamil Ungkap Ambisi Jokowi di Balik Pembangunan IKN
Ridwan Kamil Ungkap Ambisi Jokowi di Balik Pembangunan IKN

presiden-jokowi-keliling-ikn-1_169.jpeg 72.46 KB
Kurator Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Ridwan Kamil mengungkap ambisi Presiden Joko Widodo dalam membangun ibu kota negara baru.
Ridwan Kamil menyebut Jokowi ingin membangun pusat pemerintahan sekaligus kota. Dengan demikian, IKN tak hanya diisi oleh gedung-gedung dan pegawai pemerintah.

"IKN ini harus jadi kota, pusat pemerintahannya ada orang-orang non PNS-nya mendominasi," kata Ridwan Kamil di akun Instagram @ridwankamil, Sabtu (2/3).

Dia mengatakan ibu kota negara baru yang berhasil adalah Washington DC di Amerika Serikat. Kota itu tetap ramai meski kantor-kantor pemerintah tutup pada malam hari.

Ambisi Jokowi yang lain adalah membangun ibu kota yang ramah lingkungan. Salah satunya dengan melakukan penghutanan kembali di sekitat IKN.

Ridwan Kamil membantah anggapan pemerintah membabat hutan demi membangun IKN. Dia berkata hutan di daerah IKN sebenarnya kebun pohon eucalyptus.

"Nah oleh Pak Jokowi dan tim akan dihutankan dalam arti sebenarnya, yaitu tanamannya tidak satu, eucalyptus boleh, tapi kan pohon trembesi, pohon yang bikin burung datang, bikin monyet datang, itu lagi ditumbuh-tumbuhkan," ujar Ridwan Kamil.

Ibu kota negara Indonesia akan dipindahkan dari Jakarta ke IKN. Proses pemindahan dilakukan setelah infrastruktur dasar rampung akhir tahun ini.

Jokowi menargetkan hunian AN, TNI, dan Polri bisa rampung bertahap pada Juli hingga November. Dengan demikian, abdi negara mulai berkantor di IKN pada Juli 2024.